Harga Semen Mortar Per Kg - 2019

Semen mortar biasa digunakan untuk merekatkan batu bata, batako dan batu saat pengerjaan konstruksi baik berupa tembok, tiang dan lain-lain. Harga semen mortar lebih murah dari semen putih pada merek yang sama. Berikut ini harga semen mortar yang bisa dijadikan acuan pembelian di toko-toko bangunan (panglong) terdekat.
Merek Semen Mortar Harga
Semen Holcim Rp. 1.600,-
Semen Padang Rp. 1.500,-
Semen Gresik Rp. 1.400,-
Semen Merah Putih Rp. 1.400,-
MU-380 Perekat Rp. 4.000,-

harga semen mortar per kilo

Terlihat pada tabel diatas harga semen mortar paling mahal adalah merek Mortar Utama seharga Rp. 4.000,- / Kg, adapun harga semen mortar termurah saat ini adalah merek Merah Putih dan Gresik dimana harga pasarannya hanya sekitar Rp. 1.200 – 1.400 / Kg. Harga ini akan berbeda berdasar daerah tempat tinggal anda.

Kegunaan utama semen mortar adalah untuk merekatkan blok, seperti batako, beton, batu bata, batu dan lain-lain. Mortar diisi pada celah antara blok-blok tersebut. Istilah mortar sebenarnya bukan jenis semen, tapi semen mortar itu maksudnya adalah adonan campuran semen + pasir + air. Sebagian merek semen pada kertas saknya mencantumkan kata mortar dalam bungkusnya, maksud dan tujuannya adalah menjelaskan bahwa semen dalam kemasan tersebut merupakan semen konstruksi untuk membuat adonan mortar, jadi di dalam sak yang dijual tidaklah termasuk pasir / kapur dan bahan mortar lainnya (bildeco, 2018).

Apakah semen putih bisa dijadikan sebagai bahan semen mortar? Bisa saja, sebab kegunaan utama dari mortar tersebut adalah merekatkan blok-blok konstruksi, hanya saja harga semen putih jauh lebih mahal daripada harga semen biasa untuk pembuat adonan mortar, sehingga akan meningkatkan biaya konstruksi. Bayangkan saja harga semen putih paling murah saat ini sekitar Rp. 2.500/ Kg sedangkan semen biasa harganya hanya Rp. 1.400,-/ Kg, sangat jauh beda bukan.

Dalam sebuah konstruksi bangunan, bahan yang paling banyak (kuantitasnya) digunakan adalah adonan mortar, bila kita menggunakan semen putih tentu saja akan sangat meningkatkan biaya pembangunan. Semen putih lebih sering digunakan untuk mempercantik tampilan exterior, merekatnakn keramik, granit, dll, karena warnanya yang memang tampak putih bersih dan lebih tahan lumut dibandingkan semen biasa.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: